Penyakit Kutil Pada Ayam Bangkok, Selamat malam untuk para pembaca yang ingin sekedar mencari informasi untuk mencegah penyakit pada ayam bangkok anda. Kali ini admin akan mengupas sedikit untuk anda agar ayam bangkok yang anda miliki dapat terhindar dari penyakit ini. Pada umunnya penyakit cacar atau kutil ini sering menyerang unggas yang masih berumur kecil. Penyakit ini juga tidak hanya menyerang ayam bangkok saja namun semua yang di kategorikan kedalam jenis hewan unggas akan mengalami penyakit ini.

Awas Penyakit Cacar atau Kutil Pada Ayam Bangkok Anda

 

Meskipun penyakit ini menular, tapi sebetulnya penyakit ini tidak berbahaya jika anda menjaga ayam bangkok anda agar tidak komplikasi dengan penyakit lainnya. Penyakit ini akan sangat berbahaya ketika sudah menyerang bagian yang sangat fatal yaitu seperti dalam rongga mulut dan kerongkongan atau tumbuh dalam dubur ayam.

Penyakit unggas ini menyerang pada setiap tahunnya, sehingga bagi anda peternak ayam bangkok maupun pecinta ayam jago untuk hal ini sudah pastinya anda harus waspadai. Meski penyakit unggas ini tidak menular pada manusia, namun cacar unggas ini bersifat menyerang untuk unggas lainnya. Dengan begitu hal ini haruslah anda sangat paham betul untuk mencegahnya.

Ada beberapa ciri ketika ayam anda telah mengalami gejala dari penyakit ini diantaranya ialah ayam bangkok terlihat lesu, nafsu makan berkurang yang dapat mempengaruhi dari produktivitas ayam anda. Selain itu suhu dari tubuh ayam terlihat lebih tinggi dan kotoran ayam encer. Ciri khas yang paling menonjol pada ayam yang mengalami penyakit ini pada fisik ayam akan mengalami kutil berwarna putih atau kekuningan. Kutil ini terdapat pada rongga mulut yang dapat mengakibatkan sumbatan pada esophagus.

[IKLAN]
SABUNG AYAM ONLINE

Ada beberapa tipe dari cacar unggas yaitu ada yang bersifat basah dan kering. Simak uraian di bawah ini :

Cacar Tipe Kering

Pada umumnya penyakit ini akan menyerang pada bagian kulit yang terbuka dan tidak memiliki bulu seperti pada bagian sekitar mata, pangkal paruh , sekitar kloaka, kaki dan cakar. Pada bagian tersebut akan muncul benjolan seperti kuntil. Cacar unggas tipe kering ini memiliki klinis seperti berikut ini :

  • Ayam terlihat lemah dan makin kurus karena nafsu makan dari si ayam menurun drastis. Jika kutil ini menyebar hingga kepangkal paruh, hal ini akan membuat ayam anda akan mengalami kesulitan untuk mengambil makanan.
  • Pernafasan ayam bangkok terlihat tersenggal-senggal, karena saluran pernafasan dari ayam telah tumbuh penyakit kutil yang notabennya bedekatan dengan lubang hidung ( nares ).
  • Tipe kering ini biasanya bisa dikendalikan, meski terkadang meninggalkan bekas luka kecil. Yang paling penting, pastikan ayam bangkok anda masih bisa untuk makan, atau anda lah yang membantu dalam hal menyuapi makan-makan lembut.

Cacar Tipe Basah

Untuk kategori ini merupakan penyakit yang bisa dibilang sangat fatal jika terjadi pada ayam bangkok anda. Penyakit ini sering muncul infeksi sekuder, sehingga akan semakin memperburuk dari kondisi ayam bangkok anda dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Gejala sikis yang biasanya dapat anda jumpai pada penyakit ini ialah sebagai berikut :

  • Bercak putih yang berkembang pada selaput lendir di mulut, tenggorokan, trakhea dan pada paru-paru. Hal ini akan menyebabkan hal yang sangat fatal untuk pernafasan pada ayam dan mempersulit ayam untuk makan.
  • Cacar tipe basah ini juga melibatkan lesi pada selaput lendir mulut, organ pencernaan bagian atas, serta saluran pernafasan.

Sekian yang dapat admin sampaikan kepada anda semoga dapat bermanfaat dalam menjaga keberlangsungan untuk ayam aduan anda. Disini kesadaran andalah dalam merawatnya untuk menghasilkan salah satu dari bibit unggul ayam bangkok super. Apa yang telah disampaikan semoga bisa di pahami. Terimakasih sampai berjumpa kembali.

[IKLAN]
Agen Resmi S128

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − 1 =