Beberapa Perawatan Ayam Bangkok Aduan, Ayam bangkok merupakan salah satu dari jenis unggas yang sangat banyak di mininati oleh kalangan botoh ayam aduan. Ayam ini sendiri sering digunakan untuk ajang pertarungan ayam atau sebagai ayam adua. Dikarenakan ayam ini sangatlah terkenal akan fisik, tenaga, serta kemampuan si ayam nya sendiri.

Beberapa Perawatan Ayam Bangkok Aduan Sebelum Di Arena

Namun untuk itu anda sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu dari bagaiman perwatan pada jenis ayam aduan satu ini. Dalam perawatan ayam aduan haruslah sangat di perhatikan dengan teliti bahwa sanya dalam merawat ayam anda haruslah sangat memperhatikan akan pakan yang di berikan serta bagaimana perwatan yang anda lakukan dalam keseharian lainnya.

Nah untuk itu admin akan memberikan kepada anda mengenai beberapa cara akan perawatan yang terbaik sebelum ayam bangkok ini siap untuk di turunkan di arena sabung ayam.

Perawatan Ayam Bangkok Aduan Sebelum Di Arena

Perawatan Mingguan

Untuk perawatan minggu pertama ini hal yang harus diperhatikan adalah pakan, memandikan, menjemur, pengabaran, dan mengistirahatkan ayam tersebut.

  • Ayam harus rutin dimandikan dan dijemur.
  • Berikan pakan berupa jagung dan beras merah untuk membentuk otot ayam supaya lebih cepat berkembang, kemudian mengeraskan otot ayam bisa dilakukan dengan cara mengkompres kulit ayam dengan air di malam hari secara rutin.
  • Pada hari ke 3 minggu pertama berikan jamu ayam racikan sendiri.
  • Pada hari ke 4 ayam aduan diistirahatkan di dalam kandang selama satu hari penuh.
  • Pada hari ke 5 ayam di abar (training) dengan durasi kira-kira 10 menit, sebaiknya sesuaikan durasi abar sesuai dengan kesanggupan ayam.
  • Hari ke 6 dan ke 7 ayam diistirahatkan total.

Pada fase ini ayam aduan sangat harus di pantau pekembangannya dan kesiapannya. Karena tahap untuk selanjutnya kemungkian ayam akan diberikan jenis perawatan yang berbeda namun jika dirasa ada yang kurang pada tahap minggu pertama ini, maka dapat diberikan pada tahap minggu kedua.

Perawatan Minggu Kedua

Pada fase ini ayam dimandikan dan dijemur dan tidak lupa diberikan pada pola latihan berupa latihan fisik. Lalu ayam juga diberikan jamu herbal dan diumbar dihalaman namun jangan berikan ayam kawin agar kondisi ayam tetap prima.

Setelah itu ayam di umbar dengan durasi 15 menit dan setelah masuk ke hari berikutnya sudah dapat untuk di istirahatkan. Namun pada selanjutnya ayam juga di berikan sedikit untuk senam otot agar ayam si ayam terhindar dari tegang otot. Disini akan membuat peredaran dari ayam dan otot lebih lancar atau normal.

Perawatan Minggu Ketiga

Pada tahap ini perawatan yang diberikan hampir sama dengan tahap kedua. Namun durasi latihan fisik dan abar lebih ditingkatkan menjadi 20 menit. Pada tahap ini adalah tahap dimana kita bisa menilai kesiapan ayam dan jika memperlihatkan perkembangan yang bagus maka dilanjtkan dengan tahapan minggu keempat.

Namun jika kesiapan masih dirasa kirang bagus, maka durasi latihan bisa dtingkatkan lagi. Untuk mengenali kesiapan ayam ini dapat dilihat dari nafas yang panjang, otot mulai mengeras dan gaya bertarung sudah lebih baik daripada sebelumnya.

Perawatan Minggu Keempat

Nah, tahap ini adalah tahap penentuan apakah ayam benar benar sudah siap ditarungkan atau belum. Disini kita harus bisa melihat perkembangan selama 3 minggu sebelumnya sehingga jika dirasa sudah mantap, maka diberikan perawatan lanjutan.

  • Ayam sebaiknya diistirahatkan total selama satu hari.
  • Ayam diumbar setengah hari kemudian diistirahatkan kembali di kandang.
  • Berikan obat doping, kalau biasanya kami menggunakan kapsul super top.
  • Berikan jamu herbal berupa kuning telur ayam kampung+sedikit madu+kunyit+gula merah.
  • Ayam tetap dimandikan dan dijemur kemudian lakukan latihan lalu ayam diumbar bebas.
  • Ayam siap dibawa ke arena untuk bertanding.

Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini. Ada pun beberapa langkah ini sudah sangat lama di terapkan oleh para botoh ayam aduan terdahulu. Nah jika anda menginginkan ayam bangkok anda menjadi ayam bangkok jawara, anda bisa menerapkan akan beberapa hal tersebut.

Terimakasih dan sampai berjumpa kembali di pembahasan yang lebih menarik lainnya.

[IKLAN]
Agen Resmi S128

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *