Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina Bangkok

Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina Bangkok, Selamat berjumpa kembali di pemabahasan kita kali ini seputar hewan unggas yang merupakan primadona untuk para pecinta ayam bangkok. Para peternak ayam bangkok pastinya sudah mengetahui bagaimana cara untuk membedakan mana anak ayam jantan dan betina ayam bangkok. Metoda yang paling sangat mudah untuk mengetahui perpedaan nya yaitu dengan melihat oragan genital.

Ada sebagian yang berpendapat untuk mengetahui dari perbedaan tersebut anda dapat melihatnya bedarsarkan perbedaan bunyi atau suara jika dipegang atau di elus, ketebalan garis jengger, telinga ayam, ketajaman sorot mata, panjang atau pendek badan, ketegapan dan kekuatan tubuh, cepat atau lambat dalam pertumbuhan bul ekor ayam dan lain-lain. Namun hal ini belum bisa menjadi patokan untuk menentokan dari jenis ayam manakah yang baru saja menetas hingga usia 1 minggu. Seiring dengan bertambahnya umur sang ayam maka akan lebih mudah untuk mendapatkan ciri ayam bangkok yang jelas.

Berikut ini ada beberapa cara untuk anda menerapkannya ketika umur ayam bangkok yang masih sangat muda mulai dari umur 1 – 5 hari. Simak ulasan berikut ini :

Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina Bangkok

Melihat Organ Genital ( Kelamin )

Anda dapat melakukannya dengan cara mengecek organ genital pada lubang dubur atau kloaka anak ayam. Anak ayam jantan yaitu bila mempunyai tonjolan kecil, terlihat seperti jerawat atau jarum yang memanjang, sedang yang betina hanya melebar tak ada tonjolan. Cara ini pun cuman bisa di lakukan saat anak ayam berumur 1-5 hari, lantaran pada usia tersebut kelamin anak ayam masih di tahap penyempurnaan.

Melihat Bulu Sayap

Anda dapat melakukannya dengan cara mengecek bulu sayap primer ( bawah ) serta bulu sayap atas. Ayam jantan bulu sayap primer ( bawah ) lebih pendek atau sama panjangnya dengan bulu sayap atas, sedang ayam betina bulu sayap primer ( bawah ) lebih panjang dari pada bulu sayap atas.

Melihat Sifat

Jika anak ayam ketika di pegang suka berontak berarti anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, jika anak ayam tersebut di pegang lalu diam saja ( tidak berontak ) berarti anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini :

  • Meletakkan anak ayam dengan terbalik di atas telapak tangan kita. Jika anak ayam tersebut berontak berarti berjenis kelamin betina, sedangkan jika diam berarrti jenis kelaminnya jantan.
  • Ketika anak ayam di pegang bagian kulit di lehernya, kemudian di tarik ke atas, maka anak ayam jenis kelamin betina akan berontak sedangkan jika anak ayam tidak berontak ( diam ), dapat di pastikan itu ayam jantan.
  • Menggantung ayam dengan memegang kakinya. Jika saat anak ayam di pegang kakinya berontak dengan cara mengebaskan sayapnya berarti anak ayam jenis kelamin betina, begitu pun sebaliknya, jika anak ayam di gantung tidak berontak ( diam ) berarti itu anak ayam jenis kelamin jantan.

Demikianlah beberapa cara untuk membedakan anak ayam bangkok aduan. Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk anda dan dapat menjadikan motivasi anda dalam meliputi dunia ayam bangkok super. Terimakasih sampai berjumpa kembali di pembahasan yang lebih menarik lainnya.

[IKLAN]
Agen Resmi S128

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *