Cara Mengatasi Penyakit Mata Ayam Aduan, Ayam adaun merupakan salah satu jenis unggas yang sangat lah sering digunakan untuk ajang pertarungan berdarah antar kedua jenis ayam. Ayam aduan sangatlah mudah terserang akan penyakit.

Dengan begitu anda harus lah memperhatikan aka perawatan yang anda lakukan apakah semuanya sudah sesuai dengan proseduenya. Mata pada ayam aduan sangatlah rentan dari serangan penyakit.

Cara Mengatasi Penyakit Mata Ayam Aduan Berair Dan Berbusa

Mata ayam aduan sangatlah sering terserang akan penyakit mata berair dan berbusa yang dapat menyebabkan penurunan kebugaran dari kesehatan ayam tersebut. Penyakit ini sendiri juga sangat mempengaruhi akan kemampuan dari bertarung sang ayam diakibatkan terganggunya penglihatan pada sang ayam.

Sangatlah fatal jika penyakit ini tidak disegerakan untuk di atasi maka akan berimbas pada umur sang ayam. Jika anda seorang pemilik ayam aduan yang sangat berkeinginan ayam aduannya berkualitas maka anda harus sangat memperhatikan akan semua apa saja dari jenis penyakit yang harus anda atasi.

Penyebab Mata Ayam Berair

Sebetulnya ada beberapa penyebab yang membuat mata pada ayam aduan mengalami berair hingga berbusa. Mata ayam berair sering sekali di sebabkan karena terkena pukulan dari lawan bertarungnya saat di arena sabung ayam.

[IKLAN]
SABUNG AYAM ONLINE

Dengan begitu pada artikel kali ini akan memberikan kepada anda beberapa cara untuk mengobati mata ayam aduan yang mengalami penyakit seperti ini. Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Mata Ayam Aduan Berair Dan Berbusa

Dengan Obat Kimia

Obat apotik yang digunakan untuk mengobati mata ayam ini bisa menggunakan obat tetes mata seperti insto, rohto dan lain sebagainya. Caranya yakni dengan meneteskan obat mata sebanayak 2 atau 3 tetes pada mata ayam yang sakit. Berikan obat ini pada setiap pagi dan sore hari hingga mata ayam kembali bening atau segar.

Nah, jika penyakitnya sudah terlalu parah, dapat menggunakan obat mata khusus ayam yakni Eye Chick. Penggunaannya dapat mengikuti aturan pakai yang tertera dikemasan obat tersebut. Selama pengobatan ini sebaiknya ayam dipisahkan dengan ayam lainnya agar ayam tidak terlalu aktif bergerak dan juga tidak menular pada ayam lainnya.

Dengan Bahan Alami

Untuk cara pengobatan yang pertama yakni menggunakan bahan alami atau obat tradisional yakni bahan yang kita gunakan ini adalah bahan yang mudah dicari. Bahan alami yang pertama untuk mengobati penyakit ini adalah daun kelor.

Cara mengobati menggunakan daun kelor ini yakni dengan mengambil tangkai daun kelor dan teteskan getahnya pada mata ayam kita. Teteskan 1 atau 2 tetes getah dan kemudian mata ayam dibalut menggunakan plaster hansaplast. Lakukan pengobatan sekali sehari sampai mata ayam kembali segar.

Demikian lah penjelasan kita kali ini dalam perawatan ayam aduan yang berkuliatas agar terhindar dari segala jenis penyakit yang membahayakan akan tumbuh kembang ayam bangkok. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda dalam pengetahuan di seputar dunia unggas. Terimakasih dan sampai berjumpa kembali di lain waktu dengan pembahasan yang berbeda.

[IKLAN]
Agen Resmi S128

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =